Thursday, September 15, 2022

Kiat Menulis Cerita Fiksi || Resume Ke 10

 

 Resume ke-10 Belajar Menulis @27

Resume ke-10

Gelombang 27

Tanggal : 12 September 2022

Tema : Kiat Menulis Cerita Fiksi

Narasumber : Sudomo, S.Pt.

Moderator : Sigid Purwo Nugroho

Assalamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah sudah ada di posisi ini setelah sekian lama mengikuti kelas menulis ini.



Malam ini moderator memulai dengan menyapa para peseta dalam grup. “Apa kabar bapak/ibu semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin” demikian paSigid menyapa kita semua .

Materi pertemuan malam ini adalah "Kiat Menulis Cerita Fiksi".  Dan acara dimulai pukul 19.00 - 21.00. Seperti biasa pertemuan kali ini juga terdiri dari 4 sesi, yaitu :

1. Pembukaan

2. Paparan materi

3. Tanya jawab

4. Penutup

 

Gruppun akan dikunci selama sesi berlangsung, pertanyaan dibuka mulai pukul 20.00 dan dapat disampaikan ke nomor 0823 1666 5104 (Sigid PN) dengan format :

Nama Lengkap ... Gelombang ... Asal Daerah ... Pertanyaan.

Dan Sebelum kelas malam ini dimulia, moderatos mengajak  bersama-sama berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing masing.

 

Tidak terasa pada hari ini Senin, 12 September 2022, kita memasuki pertemuan ke-10 dari 30 pertemuan. Selalu semangat untuk menulis dan berkarya. Semangatpun diberikan kepada para peserta bahwa beliau  Tidak sabar rasanya ingin membaca buku solo, semua dari hasil Belajar Menulis PGRI Gelombang 27.

 

Dan acarapun dimulai dengan berkenalan dengan Narasumber malam ini Bapak Sudomo, S.Pt

Kita

https://youtu.be/dXX9RWxT_u8

Setelah pembukaan maka materi segera dimulai

sambutan  yang  meriah untuk  Bapak Sudomo. Dari para peserta

 

 

 

 

 

 

 

Beliau menyapiakan tentang menbuat tulisan tentang fiksi dengan mengusung Bersama belajar pak Sigid memulai pemaparan sampai pukul 21.00 wib

Pak Sigid adalah seorang sarjana Peternakan yang saat ini mengajar IPA dan menjadi penulis fiksi. Memang sedikit tidak ada korelasinya namun beliau menjelaskan lebih lanjut dalam kesempatan belajar bersama malam ini, beliau  ngadopsi alur MERDEKA dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Beliau adalah alumni PGP angkatan 2 sekaligus Ketua Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat. Saat ini beliau  juga menjadi Pengajar Praktik PGP Angkatan 6 Kota Mataram.

Alur MERDEKA ini meliputi Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata.

1 | Mulai dari Diri

Pada alur ini, peserta diminta  menuliskan pengalaman belajar menulis cerita fiksi. Jika memang belum pernah, diminta untuk menulis saja seperti keseruan belajar menulis fiksi. Bisa juga hal-hal lainnya terkait pengalaman menulis cerita fiksi. Silakan tulis pengalaman dalam beberapa kalimat saja kemudian kirim ke moderator yang bertugas malam ini, yaitu Pak Sigid. Dan diberikan waktu hingga pukul 19.45 WIB.

Astukah Resti,Batam menyampaikan, beliau  belum pernah membuat karya tulis fiksi , tetapi ketika beliau  akan menuliskan cerita fiksi yang tergambar di pikirannya adalah beliau bisa terbang tinggi ke angkasa berkelana ke segala penjuru, memandang alam semesta bersahabat dengan semua ciptaanNya.

Dan kemudiann peserta lainya mencoba :

Membawa pembaca ke dalam cerita adalah tugas seorang penulis cerita fiksi. Bagaimana caranya? Mari simak paparan berikut ini pada alur belajar Eksplorasi Konsep

Disela-sela waktu  istirahat sehabis bercengkerama dengan para pemburu ilmu di kelasnya masing-masing. Baru saja menghela nafas panjang dan mencoba duduk di kursi meja kerjaku yang sederhana. 

Meja kerjaku berderet diantara meja guru yang lainnya. Sengaja kupilih persis di dekat jendela supaya saya bisa melihat ke luar, untuk sekedar melihat pemandangan dan bunga-bunga cantik yang di tanam persis dekat jendela.  

 

 

Di atas meja kerjaku tidak banyak barang yang ada, hanya ada laptop, buku pengangan, administrasi mengajar dan beberapa buku tugas yang belum sempat dikoreksi. 

 

 

Kemudian lamunanku terhenti setelah telpon genggamku berbunyi beberapa kali. "Hem, ini pasti dari group menulis" bisikku dalam hati. Eh ternyata benar dugaanku,

 

2 | Eksplorasi Konsep

Pada alur ini mari belajar konsep terkait menulis cerita fiksikita  bisa mempelajarinya melalui tayangan video

1. Alasan harus menulis cerita fiksi selain saat ini ada AKM dengan materi teks literasi fiksi, juga dengan belajar menulis cerita fiksi kita bisa menyembunyikan dan menyembuhkan luka.

2. Bentuk cerita fiksi di antaranya, yaitu fiksimini, flash fiction, pentigraf, cerpen, dan novel.

3. Unsur pembangun cerita fiksi meliputi tema, premis, penokohan, latar/setting, sudut pandang, dan alur/plot.

4. Kiat menulis fiksi yang utama adalah niat dan komitmen yang kuat untuk belajar, baca karya fiksi karya orang lain untuk menemukan berbagai gaya penulisan, ide cerita, dan teknik penulisan. Selanjutnya adalah ide dan genre cerita carilah yang disukai dan dikuasai.

5. Berikutnya adalah membuat outline atau kerangka karangan agar cerita tidak melebar.

Materi secara umum bisa Bapak/Ibu pelajari dari berbagai sumber. Beliau hanya menekankan pada bagian yang sering luput dari perhatian kita, yaitu premis.

Berikut uraian tentang premis:

1. Ringkasan cerita dalam satu kalimat;

2. Unsur-unsur premis: karakter, tujuan tokoh, rintangan/halangan, dan resolusi;

3. Cara membuat premis: tulis masing-masing unsur pembentuknya kemudian rangkai menjadi satu kalimat utuh;

4. Contoh Premis: Seorang anak SD mengajak dua orang temannya melakukan perjalanan ke rumah kakeknya dan berusaha memperoleh pemahaman tentang materi IPA.

3 | Ruang Kolaborasi

Pada alur ini, beliau mengajak ber berkolaborasi membuat cerita fiksi. Dan meminta melanjutkan kalimat pembuka berikut ini kemudian japri Pak Sigid.

 

---

"Aku tidak mau!"

 

Terdengar suara memecah gelapnya malam. Sesaat setelahnya menghilang. Hanya angin memenuhi pekat malam. Sepertinya aku mengenali suara itu. Itu adalah suara...

 

---

Peserta  boleh melanjutkan sesuai imajinasi yang masing-masing. Bebaskan saja apa yang mau di tulis. Tidak perlu panjang. Cukup yang terlintas di pikiran saja saat ini.

 

 

4 | Demonstrasi Kontekstual

Pada alur ini, kita akan mencoba membuat premis. Seperti contoh sebelumnya, Seorang anak SD mengajak dia orang temannya melakukan perjalanan ke rumah kakeknya dan berusaha memperoleh pemahaman tentang materi IPA. Dari contoh itu kita bisa langsung membayangkan apa yang akan kita tulis, bukan?

5 | Elaborasi Pemahaman

Pada alur ini, diminta untuk  bertanya lebih lanjut tentang materi menulis cerita fiksi yang ingin lebih perdalam lagi.

Itu adalah suara lelaki yang selama ini telah membersamaiku.Entah kenapa dia begitu pemarah akhir akhir ini. Semua amarah selalu dilayangkannya padaku. Baik hal kecil sekalipun. Perubahan ini bagiku sangat membingungkan. Rasanya aku sudah tak tahan. Sekali lagi aku bertanya  dengan nada memelas "aku ingin kita seperti dulu,mas".Tapi jawab yang  ku tunggu tak kunjung datang. Dia pergi dengan meninggalkan sejuta pertanyaan dobenakku.Ada apa ini .

Saat  waktu sudah menunjukan pukul 20.40 WIB maka masuk beberapa pertanyaan.

 

Saatnya  buka sesi tanya jawab ya Pak Sudomo. Mohon beri tanda N jika sudah terjawab. 🙏🏻

P3

Assalamualaikum wr wb

Nama : Priyadi

Gelombang : BM 27

Asal : Depok- Jawa Barat

 

Pertanyaan:

1. Bagaimana awalnya dari yang pecinta Formula Fisika menjadi Penulis Fiksi ?

Apakah karena merasa jenuh melihat rumus-rumus Fisika ?

 

2. Dari Video dijelaskan bahwa proses Kreatif menulis terdiri dari 

1 Niat

2. BACA

3. IDE & GENRE

4. OUTLINE

5. MENULIS

6. SWA EDITING

7. PUBLIKASI

 

Pertanyaan nya Apakah Harus seperti ini.

Bagaimana saat tiba-tiba ada Ide, Apakah bisa mulai dari OUTLINE,  terus MENULIS Saat mentok baru cari-cari referensi bacaan lagi ?

 

Terima kasih Bapak Narasumber dan Moderator, 

Mohon maaf Pertanyaannya  panjang

 

 

6 | Koneksi Antarmateri

Pada alur ini, kita  bisa menuliskan kesimpulan keterkaitan antarmateri malam ini ke dalam resume

7 | Aksi Nyata

Pada alur ini, silakan tuliskan hasil belajar kita  malam ini dalam bentuk penulisan resume. Tentu dengan mengelaborasikannya dengan pengalaman pribadi Bapak/Ibu. Contoh resume bisa Bapak/Ibu baca selengkapnya di www.bianglalakata.wordpress.com

Dan Itu adalah alur belajar terakhir kita malam ini. Terima kasih telah menyimak. Mohon maaf untuk kesalahan dan kekurangan. Saya kembalikan sepenuhnya kepada Pak Sigid. Silakan, Pak.

Alhamdulillah, pembelajaran sudah selesai

 

Sampai jumpa di kegiatan berikutnya.

 

No comments:

Post a Comment