Oktober 07, 2022
Pertemuan : ke
-21
Gelombang : 27
Pemasaran Buku
Nara Sumber : Agus Subardana
Moderator : Mutmainah
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.
Dan kembali lagi di pertemuan belajar menulis Angkatan 27,
semoga semua dalam lindungan Allah SWT dan dilancarkan segala urusan.
Semua orang akan mati terkecuali karyanya. Maka tulislah
sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak”- Ali bin Abi Thalib
Dalam membuat buku tentunya ada hal sanagt penting untuk
kita fikirkan, yaitu cara pemasaran buku tersebut sehingga laku di pasaran.
Selain buku yang memang harus bagus isinya, juga tidak kalah
penting yaitu, bagaimana Teknik pemasarannya.
Seorang penulis agar tulisannya tidak hanya tersimpan dalam
laptop hendaknya diterbitkan menjadi sebuah buku. Baik melalui penerbit indie
maupun penerbit mayor salah satunya adalah penerbit Andi sesuai keinginan
penulis.
Penerbit Andi merupakan salah satu penerbit mayor yang ada
di Indonesia yang sudah berdiri selama 40 tahunan. Buku-buku yang diterbitkan
penerbit Andi ada 32 kategori. Mulai dari buku anak, populer, fiksi, novel,
bisnis,pertanian, teks perguruan tinggi, sampai buku-buku pelajaran TK, SD,
SMP, SMA, dan SMK.
Penerbit Andi sudah menerbitkan buku kurang lebih 20.000
judul buku. Setiap bulan berhasil menerbitkan 30-60 judul buku.
Strategi Pemasaran Buku
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh
banyak aspek dan unik. Kenapa demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis
buku yang di terbitkan. Jenis-jenis buku yang diterbitkan tersebut
dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
(Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi-Novel, Buku
Pengembangan Diri, Buku Teks , dll).
Dari jenis-jenis katagori buku tersebut disinilah dilakukan
pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada
umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh
faktor yang meliputi :
Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan
masyarakat.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum,
teknologi-fisik dan sosial-budaya.
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (Online)
1. Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era
Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim
sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan,
perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri, terutama sektor
Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai
dari tempat bekerja, Cara belajar-mengajar,
kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang
dipakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada
bisnis penerbitan buku .
Untuk penjualan buku lewat online ini harus terus proaktive
untuk terus promosi, supaya dapat :
Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target
pasar potensial
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang
sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
Menaikan penjualan dan profit
Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan
pesaing
Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan
yang diinginkan
Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli, menjadikan
tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas sesuai dengan kapasitas kita
masing-masing. Untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanlah jaringan
komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat
komunitas akan lebih efektif dan efisien
sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Kuncinya harus proaktif
komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas
pribadi kita.
Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan
lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom, Live Youtube TV. ANDI, dengan tema-tema
yang menarik.
B. Strategi Pemasaran Buku Seranan Darat (Offline)
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku, penerbit Andi melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah
mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh sampai dengan Papua, dengan menempatkan
tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini dikelompokkan
berdasarkan target pasar yang dituju,
antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai
mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di
Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan
jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi,
kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara
yang perlu kita lakukan, antara lain :
Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat
dan menonjol
Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk
di Neon Box, X Banner
Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan Harga pada buku
tertentu atau periode tertentu.
Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan
(program Ramadhan, Program TAB, Program
TAM, dll)
Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern
yang dapat dilakukan, kuncinya harus proaktive komunikasi dengan pihak internal
Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor.
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini dipetakan
berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Jenis Katagori buku penjualan
lewat Directselling ini dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping
untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK ,
Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas maka
penerbit Andi sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran
dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten.
Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari
Aceh s.d Jayapura
No comments:
Post a Comment